Langsung ke konten utama

HERMENEUTIKA 5


PERHATIKAN UNTUK SIAPA FIRMAN ITU DITUJUKAN!.

Ada orang Kristen yang berkata bahwa semua janji Tuhan "Ya dan Amin" untuk dirinya

Kelihatannya hebat dan beriman, tetapi sebetulnya salah! Mengapa? Karena tidak semua perintah maupun janji Tuhan berlaku untuk setiap orang.

👉CONTOH :

ADA BAGIAN-BAGIAN YANG MEMANG DIPERUNTUKKAN UNTUK SEMUA ORANG.

Misalnya : 

10 Hukum Allah atau Yoh 3:16

ADA BAGIAN-BAGIAN YANG HANYA DITUJUKAN UNTUK BANGSA ISRAEL SAJA (ISRAEL JAMAN PL).

Misalnya :

Perintah untuk menumpas habis suatu bangsa/Holy War (Ul 7:1-2). Karena pada waktu itu Israel sering dipakai sebagai algojo untuk menghukum bangsa lain yang jahat. Juga terkadang bangsa lain dipakai Tuhan untuk menghukum bangsa Israel. Perintah seperti itu tidak mungkin berlaku lagi di Zaman ini.

Kel 23:20-23; Im 26:46.

Misalnya :

Perintah untuk mendirikan kemah suci (Kel 25-dst). Kalau pada zaman PB orang Yahudi mendirikan lagi Kemah Suci/Bait Allah, maka itu justru dosa.

Perintah untuk sunat dan mengadakan perjamuan paskah PL

Perintah untuk mengorbankan binatang pada waktu berbuat dosa. (Im 4-5).

Jadi pada saat kita membaca Alkitab tidak semua ayat-ayat Alkitab itu menjadi perintah langsung buat kita, walaupun kita memang bisa mempelajari prinsip-prinsipnya secara rohani.

ADA BAGIAN-BAGIAN YANG HANYA DITUJUKAN UNTUK ORANG KRISTEN SAJA DAN BUKAN UNTUK SEMUA ORANG.

Rom 8:28 
2 Kor 10:13
Yeremia 29:11

ADA BAGIAN-BAGIAN YANG HANYA DITUJUKAN UNTUK ORANG-ORANG KRISTEN TERTENTU SAJA DAN BUKAN UNTUK SEMUA ORANG PERCAYA.

Mat 28:19-2b, janji penyertaan Tuhan ini hanya untuk orang yang memberitakan Injil.

Mat 10:16-20, janji ini ditujukan hanya untuk orang Kristen/Percaya yang dihadapkan kepada penguasa-penguasa. Bagian ini tidak berlaku untuk Pengkhotbah yang mau berkhotbah dalam kebaktian biasa.

ADA BAGIAN-BAGIAN YANG HANYA DITUJUKAN UNTUK SATU ORANG SAJA, DAN BUKAN UNTUK SEMUA ORANG.

Misalnya :

Luk 1:26-35, Untuk Maria saja
Mat 1:20:21, Untuk Yusuf saja
Mat 14:28-29, Untuk Petrus saja
Mat 1921-22 Untuk pemuda kaya yang ada di Alkitab itu saja

CATATAN :

Ini bukan berarti bahwa bagian-bagian yang bukan untuk kita itu tidak ada artinya sama sekali, karena kita masih bisa menarik "pelajaran" yang berharga dari bagian-bagian itu.

Misalnya :

Mat 14:28-29 memang tidak berarti bahwa kita boleh mencoba untuk berjalan diatas air, tetapi bagian itu mengajar kita untuk tetap percaya memandang pada Yesus dalam setiap keadaan.

Mat 19:21 memang tidak berarti bahwa kita harus menjual harta kita membagi-bagikan kepada orang miskin. Tetapi bagian ini mengajarkan kita untuk harus mengasihi Yesus lebih daripada harta kita.

ADA BAGIAN-BAGIAN YANG HANYA DITUJUKAN UNTUK ORANG TERTENTU PADA SUATU SAAT SAJA.

Misalnya : Tentang Jangan membawa bekal dan membangkitkan orang mati dalam Mat:5-10

Ayat ini hanya berlaku kepada para murid/rasul saat itu saja, karena mereka diperintahkan untuk memberitakan Injil hanya diantara orang Yahudi saja. Tetapi orang Kristen yang ekstrim sering menggunakan bagian ini sebagai dasar untuk mengatakan bahwa kita pun diperintahkan oleh Yesus untuk membangkitkan orang mati.

Sedangkan Mat 28:19-20 kemudian telah menganulir ayat ini. Mat 28 memandatkan kita untuk memberitakan Injil kepada seluruh penjuru dunia.

Juga dalam Luk 22:36 kita malah disuruh untuk membawa bekal, sehingga ayat Mat 5:10 diatas hanya untuk satu kasus/situasi tertentu saja dan bukan untuk setiap saat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB IMAN KRISTEN   (1). 2 Korintus 5:21 berkata Dia yang tidak mengenal dosa, telah dibuat-Nya menjadi dosa. Jika Yesus adalah Allah yang tanpa dosa mengapa ayat ini berkata bahwa Yesus telah dibuat oleh Allah Bapa menjadi berdosa, jika demikian bagaimanakah Yesus bisa menebus manusia yang berdosa, kalau diri-Nya sendiri saja berdosa? JAWAB : Kalimat "telah dibuat menjadi dosa" itu artinya Yesus memang tidak berdosa, dan memang Dia harus tidak berdosa agar bisa memenuhi syarat sebagai penebus, sebab kalau Dia juga berdosa, maka Dia tidak layak menjadi penebus, malah Dia sendiri juga butuh ditebus.  Lalu apa artinya ayat ini? Ayat ini berarti Yesus yang secara inheren (pada diriNya sendiri) adalah tidak berdosa,"menjadi berdosa" karena dosa-dosa manusia ditimpakan kepadaNya. Jadi yang seharusnya dihukum karena dosa adalah kita sebagai manusia yang berdosa, tapi hukuman dosa kita ini ditimpakan kepada Yesus. Jadi Yesus "menjadi berdosa" disini karen...

APAKAH KETETAPAN ALLAH SELALU SINKRON DENGAN KEPUTUSAN MANUSIA?

Shalom pembaca yang budiman. Kali ini saya membagikan diskusi singkat saya dengan seseorang di Facebook yang bernama Andi. Dan karena saya merasa bahwa topik diskusi ini cukup menarik, saya akhirnya memutuskan untuk mendokumentasikannya. Diskusi ini berawal dari status FB Pak Heno Soeroso (seorang teman FB) yang me-repost sebuah video akun fanpage Mazmur. Isi video tersebut berbicara tentang 3 macam keputusan Tuhan. Link videonya ada di sini  https://www.facebook.com/share/v/onD1Lhx6deEVjhWb/?mibextid=oFDknk . Dan berikut cuplikan diskusinya : Dionisius Daniel Goli Sali : Ini pandangan dari orang yang tidak mengerti providensi Allah. Andi : Saya juga termasuk orang yang tidak mengerti tentang providensi Allah. Barangkali anda bisa jelaskan? Dionisius Daniel Goli Sali : Baik. Secara singkat saja. Providensi Allah tidak pernah merampok kebebasan manusia dalam menentukan pilihan/membuat keputusan. Pada saat manusia membuat keputusan, keputusan itu lahir dari pertimbanga...

MEMBUNGKAM CELOTEH DAN KEBODOHAN EDY PRAYITNO SANG MUALAF ODONG-ODONG Oleh: Arianto Tasey Rupanya Edy Prayitno sang mualaf odong-odong tidak menerima ketika kebodohannya dalam membaca dan mengutip ayat Alkitab untuk mendukung asumsi liarnya bahwa sebutan “Ibu” dalam Yohanes 20:15 itu adalah kepada Maria ibu Yesus, telah dibungkam oleh pendeta Esra Soru. Dalam sesi Tanya jawab pada momen debat lintas agama yang diselenggarakan oleh “MUALAF CENTER AYA SOFYA” pada tanggal 30 Juli 2024 yang lalu, Pendeta Esra Soru secara mantap membungkam kebodohan Prayitno. Pendeta Esra Soru memberikan argumentasi dari ayat Firman Tuhan bahwa sapaan “Ibu” dalam teks tersebut bukanlah kepada Maria ibu Yesus tetapi kepada Maria Magdalena. Dari mana kita mengetahuinya? Ayat 1 dari Yohanes 20 secara eksplisit memberitakan bahwa Maria Magdalena lah yang disebut di sana. Yohanes 20:1 “Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bah...