Langsung ke konten utama

TANYA-JAWAB ALKITAB

1. Ilmu pengetahuan modern menyatakan bahwa bumi itu bulat, kalau bumi itu bulat, lalu kenapa Alkitab berkata bahwa ada ujung bumi?

Kisah Para Rasul 1:8 (TB)  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Mazmur 19:4 (TB)  (19-5) tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,

Juga terdapat pada beberapa ayat berikut ini : Daniel 4:10-11 ; Matius 4:8 ; Lukas 4:5 ; Wahyu 7:1

JAWAB : Alkitab berkata bahwa bumi itu bulat Yes 40:22.

Bumi itu bulat adalah hasil penemuan dari pengetahuan modern. Kalau demikian lalu bagaimana kita menjelaskan ayat-ayat di atas yang berbicara tentang ujung-ujung bumi? 

Nah harus dipahami bahwa Alkitab sebenarnya tidak bermaksud untuk memberi tahu kita bentuk bumi itu seperti apa, apakah berbentuk bulat atau datar, apakah cekung atau lonjong dsb

Tapi berdasarkan hasil penemuan sains modern kita percaya bahwa bumi itu bulat. Tapi kita juga percaya bahwa ada penjuru-penjuru bumi, atau ada 4 arah mata angin yang bisa merujuk ke utara, selatan, timur, barat dan sebagainya. Dengan demikian bisa jadi istilah ujung bumi itu sebenarnya merujuk kepada penjuru-penjuru bumi dan kalau merujuk ke penjuru bumi itu sinonim dengan seluruh dunia. Jadi "sampai ke ujung bumi" disini artinya bahwa Injil akan diberitakan ke seluruh dunia.

2. Ilmu pengetahuan modern juga menyatakan bahwa bumi yang mengelilingi matahari, bukan matahari yang mengelilingi bumi. Tapi di Yoshua 10:12 disitu dikatakan bahwa Yoshua berdoa pada Tuhan dan meminta agar matahari berhenti bergerak, lalu matahari berhenti.

Yosua 10:12-13 (TB) Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"

Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.  

Pertanyaannya adalah, sebenarnya bumi yang mengelilingi matahari atau matahari yang mengelilingi bumi?

Sebab kalau matahari yang mengelilingi bumi semestinya Yoshua berdoa minta bumi yang berhenti bergerak, bukan meminta matahari berhenti bergerak?

JAWAB : Tujuan Alkitab berbicara itu kan tidak untuk menjelaskan fenomena alam secara ilmiah. Alkitab tidak mencatat berdasarkan fakta ilmu pengetahuan, Alkitab mencatat berdasarkan apa yang kelihatan. Sebagai contoh kita percaya bahwa bumi ini berputar pada porosnya sambil mengorbit matahari. Tapi yang kita rasakan adalah bumi ini tidak berputar, bumi ini diam saja, tenang-tenang saja. Padahal sebenarnya bumi ini sedang berputar.

Nah demikian juga dengan yang dialami oleh Yoshua, Yoshua melihat bahwa matahari bergerak ke barat, nah kalau bergerak ke barat itu kan artinya akan malam, sebab matahari itu terbitnya dari timur, dan terbenam di barat. Maka agar hari jangan cepat malam dan tetap siang sehingga mereka bisa terus berperang maka Yoshua meminta matahari untuk tidak bergerak. Jadi bagian ini tidak mencatat berdasarkan fakta ilmu pengetahuan, bagian ini hanya mencatat berdasarkan apa yang kelihatan.

Contoh lain sebenarnya benda angkasa seperti bintang, itu lebih besar dari bulan. Tapi yang kelihatan mata kita adalah bulan lebih besar dari bintang.

3. Berapa jumlah keledai yang dipakai Yesus?

Matius 21:1-2 (TB)  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem dan tiba di Betfage yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya

dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.

Markus 11:1-2 (TB)  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem, dekat Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya

dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu. Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari.

Lukas 19:29-30 (TB)  Ketika Ia telah dekat Betfage dan Betania, yang terletak di gunung yang bernama Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya

dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu: Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan mendapati seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah ke mari.

JAWAB : Sebenarnya melalui peristiwa ini Yesus sedang menggenapi nubuat dari Zakaria 9:9

Zakharia 9:9 (TB)  Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. 

Lalu kenapa Matius, Markus dan Lukas memberikan keterangan yang berbeda? Markus dan Lukas menulis bahwa satu keledai, sedangkan Matius menulis bahwa ada dua ekor keledai, yaitu induk keledai yang tertambat dan anaknya.

Kunci jawabannya sebenarnya terletak pada frasa ini "yang belum pernah ditunggangi". Kalau memang belum pernah ditunggangi, itu artinya keledai itu memang keledai muda yang masih dekat dengan induknya, dia belum bisa berpisah dengan induknya.

Jadi ini sebenarnya adalah dua ekor keledai sebagaimana catatan Matius diatas, tapi yang kemudian Yesus pakai untuk ditunggangi adalah keledai muda itu atau anak dari keledai yang induk itu. Jadi disini Matius mencatat fakta kejadiannya sedangkan Markus dan Lukas mencatat dengan memfokuskan pada nubuatan Zakaria 9:9 di atas. Jadi sebenarnya tidak ada pertentangan antara Matius, Markus dan Lukas.

4. Sebenarnya ada berapa penjahat yang mengolok Yesus? Mengapa Matius, Markus dan Lukas memberikan catatan yang bertentangan?

Matius 27:44 (TB)  Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga. 

Markus 15:32 (TB)  Baiklah Mesias, Raja Israel itu, turun dari salib itu, supaya kita lihat dan percaya." Bahkan kedua orang yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela Dia juga.

Lukas 23:39 (TB)  Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"

JAWAB : Sebenarnya ini bukan dua catatan yang bertentangan melainkan hanya berbeda saja. Pada awalnya memang kedua penjahat itu sama-sama mengolok Yesus, tapi kemudian penjahat yang satunya bertobat lalu menegur kawannya yang lain agar berhenti mengolok Yesus.

Nah saat keduanya mengolok Yesus Matius dan Markus mencatat itu, setelah salah satunya bertobat dan menegur kawannya maka Lukas mencatat itu. Jadi ini hanya perbedaan waktu saja. Berbeda, tapi tidak bertentangan. 

Ilustrasinya begini : Ada wartawan A yang mencatat saya dan pak Joy saat pergi ke Singapura, tapi setelah beberapa hari di Singapura Pak Joy pulang duluan ke Batam, lalu kemudian wartawan B melihat saya sendirian di Singapura, dia lalu mencatat bahwa Pak Dion sedang di Singapura tanpa menyebut nama Pak Joy. Nah saat wartawan B hanya menulis nama saya sendiri, apakah itu artinya bahwa Pak Joy tadinya tidak ke Singapura? Tentu tidak!. Wartawan B mencatat nama saya karena dia hanya melihat saya, sedangkan sebelumnya memang wartawan A melihat saya dengan Pak Joy ke Singapura maka wartawan A mencatat nama kami berdua. 

5. Dimanakah Yesus menyembuhkan orang yang kerasukan setan, Gedara atau Gerasa?

Matius 8:28 (TB)  Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorang pun yang berani melalui jalan itu.

Markus 5:1-2 (TB)  Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa

Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia.

Lukas 8:26-27 (TB)  Lalu mendaratlah Yesus dan murid-murid-Nya di tanah orang Gerasa yang terletak di seberang Galilea. 

Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.

JAWAB : Dalam menjawab ini beberapa orang berpendapat bahwa Gerasa dan Gadara sebenarnya merujuk kepada kota yang sama, dengan kata lain Gadara adalah nama lain dari Gerasa. Tapi kalau dilihat di peta, maka Gerasa dan Gadara ini sebenarnya memang dua kota yang berbeda. Pandangan lain berpendapat bahwa Gerasa dan Gadara memang dua kota yang berbeda, tapi karena di masa itu kota Gerasa lebih dikenal dan letak dari kedua kota yang berdekatan membuat orang-orang menyebut orang yang tinggal di Gadara disebut sebagai orang Gerasa. Saya berikan kutipan dari Katolitas :

"Kota Romawi Gerasa adalah kota yang terkenal, yang sudah dikenal oleh kaum Yunani/non-Yahudi, sedangkan Gadara ibukota dari Perea, propinsi Romawi, adalah kota utama dari kesepuluh kota di Dekapolis.[2] Kedekatan antara kedua kota mengakibatkan mereka yang tinggal di Gerasa dapat disebut orang Gadara (Gadarenes). Gambar kapal di koin uang logam kota Gadara kemungkinan menunjukkan bahwa Gadara kemungkinan membentang sampai ke danau Galilea.[3] Para penulis Injil tersebut memilih untuk mengacu kepada area yang sama, dengan cara yang berbeda."

6. Berapa orang kerasukan setan yang disembuhkan oleh Yesus?

Markus 5:2 (TB)  Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia.

Lukas 8:27 (TB)  Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.

Matius 8:28 (TB)  Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorang pun yang berani melalui jalan itu.

JAWAB : Bagian ini tidak bertentangan. Memang ada dua orang yang kerasukan setan disini sebagaimana catatan Matius. tapi Markus dan Lukas hanya mencatat satu orang saja, atau hanya menyatakan satu saja. Nah perlu diingat juga bahwa Matius adalah saksi mata dari peristiwa itu sehingga sangat memungkinkan bagi Matius untuk mencatat dengan lebih lengkap.

Dan ini berbeda dengan Markus dan Lukas yang bukanlah saksi langsung peristiwa itu, mereka mendapat informasi dari orang lain. Meskipun begitu Markus dan Lukas tidak pernah menyatakan bahwa hanya satu orang yang kerasukan setan. Harus diingat bahwa mereka hanya menyatakan satu, dan itu tidak sama dengan menyatakan hanya satu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEGITIGA PARADOX : ANTARA PROVIDENSI, DOSA, DAN KEKUDUSAN ALLAH

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali PENDAHULUAN Apa yang ada di benak anda saat mendengar kata paradoks? Bagi saya memikirkan paradoks ini rasanya sama seperti kita sedang naik "Roaler Coaster". Suatu aktifitas berpikir yang memusingkan sehingga benar-benar memeras otak. Tapi sebelum mengulas lebih jauh, saya ingin memastikan bahwa pembaca mengerti apa yang dimaksud dengan paradoks, karena istilah seperti ini tidak terbiasa lahir dari letupan-letupan percakapan ringan ala kedai tuak, sehingga tidak tertutup kemungkinan bahwa ada yang belum mengerti dengan istilah ini. 1. PARADOKS  Apa itu paradoks? Paradoks bisa didefinisikan sebagai dua pernyataan yang berlawanan tapi keduanya sama-sama benar. Atau paradoks juga bisa diartikan benar dan salah pada saat yang bersamaan. Padahal kita tahu bahwa secara logika sesuatu yang salah tidak bisa menjadi benar disaat yang sama. Berikut ini contoh pernyataan yang bersifat paradoks:  "DION YANG ORANG FLORES ITU BERKATA BAHW

50 TANYA-JAWAB SEPUTAR IMAN KRISTEN

1. Jika Yesus adalah Allah, mana pengakuan Yesus secara eksplisit bahwa Dia adalah Allah? JAWAB :  Iman Kristen tidak mendasarkan hanya pada pengakuan langsung dari mulut Yesus. Iman Kristen percaya kepada kesaksian seluruh kitab suci walaupun Yesus tidak pernah mengumumkan bahwa Dia adalah Allah tapi kitab suci memberitahukan dan mengafirmasi bahwa Yesus adalah Allah. Jika kepercayaan atas ke-Allahan Yesus harus menuntut pengakuan langsung dari Yesus, lalu mengapa harus tiba pada kesimpulan bahwa Yesus bukan Allah, sedangkan Yesus tidak pernah mengakui bahwa Dia bukan Allah. Kesaksian dari penulis Injil sudah cukup untuk mengafirmasi bahwa Yesus adalah Allah, karena mereka adalah orang-orang yang ada di sekeliling Yesus mereka adalah para saksi-saksi mata. Sedangkan orang yang menolak Yesus tidak pernah hidup sejaman dengan Yesus. 2. Apa bukti bahwa Yesus adalah Allah? JAWAB :  Bukti bahwa Yesus adalah Allah adalah, Yesus memilik sifat-sifat dan melakukan tindakan-tindakan

BENARKAH BAHWA YESUS BUKAN THEOS?

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali  Menurut DR. Erastus Sabdono, Yesus itu sebenarnya bukan Theos, kata Theos hanya merujuk kepada pribadi Allah Bapa, tidak pernah merujuk kepada pribadi Allah Anak/Yesus. Nah untuk meneguhkan pandangannya, beliau lalu mengutip 2 Kor 1:3 .  2 Korintus 1:3 (TB) Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, Sedangkan menurut beliau kata Yunani yang digunakan ketika merujuk pada Yesus adalah kata Kurios [Tuhan/Tuan] bukan Theos. Berdasarkan alasan yang dikemukakan diatas, maka Erastus Sabdono merasa bahwa Yesus seharusnya tidak sederajat dengan Bapa. Kata Theos ini diterjemahkan LAI sebagai Allah, maka implikasinya [bahayanya] adalah jika Yesus bukan Theos, maka Yesus juga bukan Allah. Lalu bagaimana kita menanggapi atau menjawab ajaran Erastus Sabdono ini? Sebenarnya kalau kita merujuk ke bahasa aslinya [Yunani] kita akan menemukan bahwa ada begitu banyak ayat Alkitab yang m