Langsung ke konten utama

APAKAH KITA TIDAK PERLU MEMIKIRKAN TENTANG KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN?

Beberapa hari yang lalu saya terlibat diskusi dengan seseorang melalui aplikasi WhatsApp. Diskusi ini bermula dari status WA saya. Di status itu saya menulis bahwa :

"Segala bentuk pengobatan adalah upaya manusia untuk menunda kematian, tapi manusia tetap tak bisa menolak kematian. Oleh sebab itu, manusia harus merefleksikan kembali (merenungkan) hidupnya yang singkat ini, agar dia bisa hidup dengan cara yang bijaksana dan bertanggung jawab kepada sang pemilik kehidupan."

Seseorang kemudian menanggapi postingan saya, orang itu berkata demikian :

"Tak perlu pikirkan tentang kematian, berusaha saja untuk berobat dan menghindari sakit. Memikirkan tentang kematian itu membuang-buang energi, lebih baik kita mengisi hidup dengan hal-hal yang berkualitas, kemudian sisanya biarkan TUHAN yang menentukan. Bukankah kita sudah dikasih akal pikiran pengetahuan agama, membiarkan DIA menentukan hidup kita bukankah itu baik. Itulah yang aku bilang waste energi, karena sudah ada yang tentukan, kenapa dipikirkan? Karena kalau dipikirkan berarti sama hal nya tak percaya dengan upah yang akan diberikanNYA kepada orang yang saleh dan baik hidupnya."

Dari komentar beliau diatas ini, saya merasa ada sesuatu yang janggal dalam argumennya. Dan saya mencoba untuk membedah argumennya.

Pertama, saya melihat ada kesalahan definisi disini. Secara khusus pada kata "memikirkan". Memikirkan bagi saya tak harus berarti kita sedang meragukan akan upah kita sebagai orang beriman. Memikirkan dalam definisi saya, lebih kepada merefleksikan hidup yang singkat ini tentang bagaimana caranya kita memaksimalkan atau menggunakan hidup yang Tuhan berikan ini secara bijaksana dan bertanggung jawab kepada sang pemberi kehidupan itu sendiri (Tuhan), sehingga akan sangat sia-sia kalau hidup kita yang singkat ini hanya digunakan untuk makan, minum, berak dan kawin, lalu kemudian mati. Tentu ada hal yang lebih essential sehingga Tuhan tempatkan kita ada di dunia ini.

Jadi orang ini strawman fallacy terhadap status saya diatas.

Kedua, rasanya aneh ketika dia berkata bahwa kita tidak perlu memikirkan tentang perihal kehidupan atau penghukuman setelah kematian, cukup jalani saja hidup di dunia dengan sebaik-baiknya. Memikirkan menurut dia, itu sama halnya dengan meragukan akan upah kita sebagai orang beriman. 

Jadi, orang ini mengaku melakukan sesuatu tanpa memikirkan tentang efek atau tujuan dari apa yang dia lakukan. Dia cukup lakukan saja, dan karena dia melakukan sesuatu yang baik, maka ganjarannya tentu akan baik juga. 

Bagaimana kita bisa melakukan sesuatu tanpa tujuan? Jika kita mengabaikan aspek kehidupan setelah kematian lalu untuk apa kita bersusah payah hidup sebaik-baiknya di dunia ini? Bukankah pengakuan bahwa kita tentu akan menerima upah atas segala hal yang kita lakukan di dunia ini telah mengasumsikan bahwa hidup kita ini disetting oleh tujuan? Dan Jika upah yang dimaksud adalah surga, maka artinya kita juga memikirkan tentang surga, memikirkan tentang surga itu berarti memikirkan tentang kematian atau apa yang akan terjadi setelah kematian.

Jadi disini argumennya menabrak dirinya sendiri.

Ketiga, kemungkinan terakhir ini menurut saya berbau agnostik, yaitu suatu pandangan yang menganggap bahwa manusia tidak mampu untuk memahami atau menjelaskan tentang realitas metafisik secara komprehensif dan memuaskan.

Karena orang ini merasa tidak mampu untuk menjelaskan atau membuktikan bahwa ada Tuhan, surga atau neraka, ketidakmampuan itu kemudian berusaha ditutupi dengan kalimat bahwa "tak perlu memikirkan, cukup percaya saja akan upah sebagai orang benar". Ini adalah bentuk ketidakjujuran, karena disini orang ini berusaha untuk menutupi presaposisi agnostiknya dengan bersembunyi dibalik kata-kata optimisme ala motivator. 

Sebagai orang percaya, saya merasa bahwa apa yang saya lakukan ini bukan demi tujuan untuk memperoleh keselamatan, surga dan sebagainya. Saya percaya bahwa saya telah selamat, dan surga telah ada dalam genggaman saya tepat pada saat hari dimana saya menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat saya. Saya tidak butuh usaha apapun untuk mendapatkan surga, saya cukup percaya saja. Tapi bukti dari kepercayaan saya itu menuntut saya agar selalu hidup berkenan di mata Tuhan, hidup dengan bijaksana dan bertanggung jawab kepada Tuhan sang pemberi kehidupan. 

Nah dalam merenungkan atau memikirkan tentang bagaimana saya harus hidup berkenan kepada Tuhan itulah maka saya menulis status tadi.

SALAM...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEGITIGA PARADOX : ANTARA PROVIDENSI, DOSA, DAN KEKUDUSAN ALLAH

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali PENDAHULUAN Apa yang ada di benak anda saat mendengar kata paradoks? Bagi saya memikirkan paradoks ini rasanya sama seperti kita sedang naik "Roaler Coaster". Suatu aktifitas berpikir yang memusingkan sehingga benar-benar memeras otak. Tapi sebelum mengulas lebih jauh, saya ingin memastikan bahwa pembaca mengerti apa yang dimaksud dengan paradoks, karena istilah seperti ini tidak terbiasa lahir dari letupan-letupan percakapan ringan ala kedai tuak, sehingga tidak tertutup kemungkinan bahwa ada yang belum mengerti dengan istilah ini. 1. PARADOKS  Apa itu paradoks? Paradoks bisa didefinisikan sebagai dua pernyataan yang berlawanan tapi keduanya sama-sama benar. Atau paradoks juga bisa diartikan benar dan salah pada saat yang bersamaan. Padahal kita tahu bahwa secara logika sesuatu yang salah tidak bisa menjadi benar disaat yang sama. Berikut ini contoh pernyataan yang bersifat paradoks:  "DION YANG ORANG FLORES ITU BERKATA BAHW

50 TANYA-JAWAB SEPUTAR IMAN KRISTEN

1. Jika Yesus adalah Allah, mana pengakuan Yesus secara eksplisit bahwa Dia adalah Allah? JAWAB :  Iman Kristen tidak mendasarkan hanya pada pengakuan langsung dari mulut Yesus. Iman Kristen percaya kepada kesaksian seluruh kitab suci walaupun Yesus tidak pernah mengumumkan bahwa Dia adalah Allah tapi kitab suci memberitahukan dan mengafirmasi bahwa Yesus adalah Allah. Jika kepercayaan atas ke-Allahan Yesus harus menuntut pengakuan langsung dari Yesus, lalu mengapa harus tiba pada kesimpulan bahwa Yesus bukan Allah, sedangkan Yesus tidak pernah mengakui bahwa Dia bukan Allah. Kesaksian dari penulis Injil sudah cukup untuk mengafirmasi bahwa Yesus adalah Allah, karena mereka adalah orang-orang yang ada di sekeliling Yesus mereka adalah para saksi-saksi mata. Sedangkan orang yang menolak Yesus tidak pernah hidup sejaman dengan Yesus. 2. Apa bukti bahwa Yesus adalah Allah? JAWAB :  Bukti bahwa Yesus adalah Allah adalah, Yesus memilik sifat-sifat dan melakukan tindakan-tindakan

BENARKAH BAHWA YESUS BUKAN THEOS?

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali  Menurut DR. Erastus Sabdono, Yesus itu sebenarnya bukan Theos, kata Theos hanya merujuk kepada pribadi Allah Bapa, tidak pernah merujuk kepada pribadi Allah Anak/Yesus. Nah untuk meneguhkan pandangannya, beliau lalu mengutip 2 Kor 1:3 .  2 Korintus 1:3 (TB) Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, Sedangkan menurut beliau kata Yunani yang digunakan ketika merujuk pada Yesus adalah kata Kurios [Tuhan/Tuan] bukan Theos. Berdasarkan alasan yang dikemukakan diatas, maka Erastus Sabdono merasa bahwa Yesus seharusnya tidak sederajat dengan Bapa. Kata Theos ini diterjemahkan LAI sebagai Allah, maka implikasinya [bahayanya] adalah jika Yesus bukan Theos, maka Yesus juga bukan Allah. Lalu bagaimana kita menanggapi atau menjawab ajaran Erastus Sabdono ini? Sebenarnya kalau kita merujuk ke bahasa aslinya [Yunani] kita akan menemukan bahwa ada begitu banyak ayat Alkitab yang m