Langsung ke konten utama

4 GOLONGAN TEOLOG DI INDONESIA

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali 

Dalam interaksi virtual saya di sosial media, baik itu di FB, atau YouTube, Saya melihat ada 4 golongan teolog di Indonesia. Disini saya menggunakan istilah "Teolog" ini dalam pengertian bahwa mereka adalah orang-orang yang memiliki minat yang serius dan aktif dalam diskursus teologi Kristen di FB, tidak terbatas dalam pengertian bahwa seseorang yang telah memiliki gelar dan background akademik teologi secara resmi.

Golongan pertama. Ini adalah orang-orang yang konservatif yang memegang Doktrin Ortodoksi secara ketat. Golongan ini biasanya memiliki semangat apologetik yang kuat. Golongan ini biasanya datang dari kaum Reformed, mereka adalah sekumpulan orang-orang yang mempelajari doktrin Calvinis secara ketat.

Mereka membentuk kubu (group) di FB dan WA, mereka membuat buletin, mengadakan diskusi akademik secara teratur dengan pembicara-pembicara yang berkompeten, dan siap pasang badan untuk membendung dan mengcounter ajaran-ajaran sesat, teologi liberal yang terjangkit virus relativisme postmo, menjadi musuh utama kelompok ini.

Niat baik dan semangat luhur dari golongan ini tentu harus diapresiasi, namun terkadang terkesan terlalu vulgar dan sporadis dalam menyerang lawan yang berbeda paham, sehingga menjadi api pemicu polemik diantara kekristenan.

Saya mengenal beberapa nama dari golongan ini yang saya kagumi wawasan teologisnya, saya bahkan belajar dari mereka, namun tetap tidak suka dengan sikap mereka yang kasar, kendati demikian, niat baik yang diusung oleh golongan ini sangat luhur.

Golongan kedua. Ini adalah golongan orang Kristen yang lebih mengutamakan moralitas dan perbuatan baik. Sejauh pengamatan saya mereka tidak membentuk kubu di FB. Orang-orang yang termasuk di dalam golongan ini biasanya bergerak sendiri, cenderung tidak terlalu suka doktrin, motto mereka adalah "hasilkan buah" maksudnya seorang Kristen harus menunjukan kehidupan Kristen yang baik, dengan peka secara sosial, seperti aktif melakukan donasi, harus mengucapkan kata-kata yang santun dan sebagainya. 

Prinsip kepedulian sosial yang diusung dan sikap mengabaikan doktrin, cenderung menjadikan orang-orang yang termasuk dalam golongan ini menjadi "baik secara moral tapi bodoh secara rohani". 

Karena tidak dibekali oleh pemahaman yang benar akan Kekristenan, orang-orang dengan tipe dalam golongan ini seringkali tidak bisa berdebat atau berapologetika dengan baik saat diserang oleh para bidat. Alhasil mereka menjadi bulan-bulanan saksi yehuwa atau para polemikus muslim.

Golongan ketigaini adalah golongan orang Kristen yang saya sebut sebagai abu-abu secara rohani. Mereka tak hitam tak putih, tak berani mengambil sikap atas sebuah isu. Lebih suka duduk diam sambil mengamati kegaduhan di sosial media. Golongan ini menurut saya sudah sangat terjangkit oleh virus relativisme postmo. Diam-diam mereka mengkritik dalam hati orang-orang dari golongan 1 diatas, tapi tak berani bersuara karena takut ikutan digebuk.

Bagi orang-orang yang termasuk dalam golongan ini, kebenaran itu relatif, doktrinal bisa berkembang sesuai dengan tuntutan jaman. Bagi mereka orang Kristen seharusnya lebih bersikap permisif terhadap ajaran-ajaran lain atau yang baru, kendati ajaran itu adalah ajaran yang jelas-jelas menyimpang ataupun sesat secara fundamental dalam iman Kristen. Sama seperti golongan 2, mereka juga menitikberatkan Kekristenan kepada perbuatan baik atau moralitas.

Orang-orang yang termasuk dalam golongan ini banyak juga dari latar belakang pendidikan yang tinggi, titel mereka berjejer panjang dan berbaris rapi di belakang nama. Sebagian besar dari mereka adalah dosen, akademisi, penulis buku, bahkan pemimpin dari suatu denominasi. Mereka adalah teolog-teolog liberal, yang memperkosa firman Tuhan atas nama keprihatinan sosial. 

Mereka musuh dalam selimut yang menggerogoti Kekristenan dari dalam, mereka biasanya pukul dada dan menganggap diri paling humanis, cinta damai, tapi kedamaian yang dibawa adalah kedamaian palsu. Karena kedamaian sejati tidak menerima apa yang salah, tidak berusaha mengaburkan antara yang salah dan benar, kedamaian yang sejati tidak relatif, tidak abu-abu, ia tegas bersikap A atau B, either-or, either this or not.

Golongan keempatsejauh pengamatan saya, tak banyak orang yang berada di barisan golongan ini. Ini adalah golongan orang-orang yang saya sebut sebagai "seimbang secara rohani", pemahaman theologis mereka sangat dalam, moralitas mereka juga bisa menjadi panutan. Mereka benar-benar adalah orang Kristen yang berbobot, humanis secara sosial tapi tegas secara rohani. Orang yang berada dalam golongan ini sangat reaktif terhadap ajaran yang sesat, mereka tak pernah tinggal diam ketika melihat penyelewengan terjadi di depan mata. Mereka akan melakukan faith defense, mereka fight habis-habisan tapi dengan sikap yang sopan dan bahasa yang santun. Bagi mereka tak perlu kata kasar atau caci maki dalam apologetika.

Sebagai bentuk penghormatan, ijinkan saya menyebutkan beberapa nama yang menurut saya layak masuk dalam golongan ini. Penghormatan setinggi-tingginya kepada :  Pak Bedjo Lie, Pak Yakub Tri Handoko, dan Pak Esra Alfred Soru.

Terakhir, saya ingin mengutip dua quote yang indah. Dan saya berharap melalui quote ini, orang Kristen bisa secara proporsional membedakan dan menempatkan antara kebajikan sosial kemanusiaan dan doktrinal yang fundamental sebagai seorang Kristiani.

Fiat justitia ruat caelum : Hendaklah kebenaran ditegakkan walaupun langit akan runtuh. ~ Lucius Calpurnius Piso Caesoninus (43 SM).

Mereka yang bukan saudaramu dalam iman, adalah saudaramu dalam kemanusiaan. ~ Ali Bin Abi Thalib (599 M)

Komentar

  1. God Bless sayangku. Tetap semangat dalam menulis artikel

    BalasHapus
  2. Anonim8/7/22

    Sangat keren....Pak Bedjo Li...saya kenal baik di sby.....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB IMAN KRISTEN   (1). 2 Korintus 5:21 berkata Dia yang tidak mengenal dosa, telah dibuat-Nya menjadi dosa. Jika Yesus adalah Allah yang tanpa dosa mengapa ayat ini berkata bahwa Yesus telah dibuat oleh Allah Bapa menjadi berdosa, jika demikian bagaimanakah Yesus bisa menebus manusia yang berdosa, kalau diri-Nya sendiri saja berdosa? JAWAB : Kalimat "telah dibuat menjadi dosa" itu artinya Yesus memang tidak berdosa, dan memang Dia harus tidak berdosa agar bisa memenuhi syarat sebagai penebus, sebab kalau Dia juga berdosa, maka Dia tidak layak menjadi penebus, malah Dia sendiri juga butuh ditebus.  Lalu apa artinya ayat ini? Ayat ini berarti Yesus yang secara inheren (pada diriNya sendiri) adalah tidak berdosa,"menjadi berdosa" karena dosa-dosa manusia ditimpakan kepadaNya. Jadi yang seharusnya dihukum karena dosa adalah kita sebagai manusia yang berdosa, tapi hukuman dosa kita ini ditimpakan kepada Yesus. Jadi Yesus "menjadi berdosa" disini karen...

APAKAH KETETAPAN ALLAH SELALU SINKRON DENGAN KEPUTUSAN MANUSIA?

Shalom pembaca yang budiman. Kali ini saya membagikan diskusi singkat saya dengan seseorang di Facebook yang bernama Andi. Dan karena saya merasa bahwa topik diskusi ini cukup menarik, saya akhirnya memutuskan untuk mendokumentasikannya. Diskusi ini berawal dari status FB Pak Heno Soeroso (seorang teman FB) yang me-repost sebuah video akun fanpage Mazmur. Isi video tersebut berbicara tentang 3 macam keputusan Tuhan. Link videonya ada di sini  https://www.facebook.com/share/v/onD1Lhx6deEVjhWb/?mibextid=oFDknk . Dan berikut cuplikan diskusinya : Dionisius Daniel Goli Sali : Ini pandangan dari orang yang tidak mengerti providensi Allah. Andi : Saya juga termasuk orang yang tidak mengerti tentang providensi Allah. Barangkali anda bisa jelaskan? Dionisius Daniel Goli Sali : Baik. Secara singkat saja. Providensi Allah tidak pernah merampok kebebasan manusia dalam menentukan pilihan/membuat keputusan. Pada saat manusia membuat keputusan, keputusan itu lahir dari pertimbanga...

MEMBUNGKAM CELOTEH DAN KEBODOHAN EDY PRAYITNO SANG MUALAF ODONG-ODONG Oleh: Arianto Tasey Rupanya Edy Prayitno sang mualaf odong-odong tidak menerima ketika kebodohannya dalam membaca dan mengutip ayat Alkitab untuk mendukung asumsi liarnya bahwa sebutan “Ibu” dalam Yohanes 20:15 itu adalah kepada Maria ibu Yesus, telah dibungkam oleh pendeta Esra Soru. Dalam sesi Tanya jawab pada momen debat lintas agama yang diselenggarakan oleh “MUALAF CENTER AYA SOFYA” pada tanggal 30 Juli 2024 yang lalu, Pendeta Esra Soru secara mantap membungkam kebodohan Prayitno. Pendeta Esra Soru memberikan argumentasi dari ayat Firman Tuhan bahwa sapaan “Ibu” dalam teks tersebut bukanlah kepada Maria ibu Yesus tetapi kepada Maria Magdalena. Dari mana kita mengetahuinya? Ayat 1 dari Yohanes 20 secara eksplisit memberitakan bahwa Maria Magdalena lah yang disebut di sana. Yohanes 20:1 “Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bah...