Langsung ke konten utama

APAKAH OMNISCIENCE TUHAN KONTRADIKTIF?

Dikutip dari group Studi Refomed MYM


Dionisius Daniel Goli Sali : Argumen ini dikemukakan oleh seorang filsuf yang bernama Patrick Grime. Dia merumuskan satu bentuk argumen yang memperlihatkan bahwa Tuhan itu tidak mungkin mengetahui hal-hal tertentu. Bahwa Tuhan tidak maha mengetahui. Argumennya berangkat dari kisah sebuah eksperimen pikiran yang dilakukan oleh seorang filsuf terdahulu yang bernama Jhon Peri.

Ekperimen pikiran Jhon Peri ini berangkat dari sebuah kasus. Kasusnya ini adalah suatu ketika Jhon Peri sedang berbelanja di toko, kemudian Jhon Peri melihat ada bekas gula yang jatuh dilantai, Jhon Peri berkesimpulan bahwa pasti ada orang yang kantong gulanya bocor di toko itu.

Jhon Peri kemudian berjalan keliling mengitari toko itu dan ternyata dia menemukan bahwa ternyata dirinya lah yang kantong gulanya bocor.

Jadi...........

PREMIS 1. Jhon Peri berasumsi bahwa ada orang yang kantong gulanya bocor yang kebetulan ada di toko itu.

PREMIS 2. Jhon Peri meyakini bahwa "SAYA LAH" yang kantong gulanya bocor.

Menurut Grime kedua keyakinan ini, adalah keyakinan yang berbeda. Subjek proposisi dari premis 1 tadi, bisa digantikan oleh siapapun yg kebetulan memenuhi peran tersebut.

Sedangkan keyakinan kedua bahwa "SAYA LAH" (Jhon Peri) yang kantong gulanya bocor, keyakinan itu tidak mungkin bisa digantikan oleh orang lain. Karena ketika digantikan oleh orang lain, maka mengungkapkan hal yang berbeda, bahwa si A atau orang lain lagi dan bukan Jhon Peri. Padahal maksud dari "SAYA LAH YANG MENGOTORI TEMPAT INI" adalah kesadaran dari Jhon Peri sendiri, bahwa dia lah yang mengotori tempat ini dan bukan orang lain.

Jadi poin nya disini adalah indexical (kata ganti) "SAYA" ini bermasalah, karena dia tidak bisa digantikan oleh orang lain.

Patrick grime menggunakan argumen Jhon Peri ini untuk berargumen bahwa sifat omniscience Tuhan ini sebenarnya kontradiktif atau bermasalah, alasannya adalah dalam konteks kasus Jhon Peri ini, walaupun Tuhan pasti tau bahwa Jhon Peri lah yang kantong gulanya bocor, tapi Tuhan tidak mungkin tahu bahwa "SAYA LAH" yang kantong gulanya bocor. Alasannya karena Tuhan tidak bisa menggantikan diriNya dengan "SAYA" ini (Jhon Peri) dalam proposisi Premis kedua itu.

Proposisi kedua ini, kata "SAYA" dalam proposisi kedua ini tidak bisa ditukarkan dengan orang lain, kecuali Jhon Peri itu sendiri.

Artinya bahwa sekalipun Dia Tuhan, Dia tidak bisa menggantikan "SAYA" dalam proposisi kedua tadi, bukan Tuhan, bukan Andi, bukan orang lain, kecuali si Jhon Peri itu sendiri.

Jadi menurut Grime disitu ada satu kekurangan yg membuat konsep omniscience Tuhan ini kontradiktif, walaupun Tuhan bisa mengetahui segala sesuatu, segala fakta proposional tentang dunia, tapi Dia tidak bisa mengetahui sudut pandang orang pertama. Dia tidak bisa mengakses pengetahuan yang sifatnya internal, pengetahuan yang merujuk pada diri sendiri.

Tuhan bisa mengetahui segala hal, tapi dia tidak bisa mengetahui dari sudut pandang Jhon Peri, karena Dia bukan Jhon Peri. Jadi Omniscience tidak berlaku dalam kasus ini.

Seandainya pertanyaan ini diajukan kepada kekristenan, bagaimana tanggapan Pak MYM atau bagaimana Van Tillian menjawab argumen seperti ini?

Terima Kasih

Muriwali Yanto Matalu :  Saya hanya membaca sepintas, dan tahu kebobrokan logika filsuf ini. Allah mengetahui secara sempurna itu artinya bahwa tak ada hal yang berupa kemungkinan bagi Allah dalam pengetahuan-Nya. Semuanya diketahui secara pasti, simultan (tidak berturut-turut), utuh (lengkap), dan sempurna. Jika Allah mengetahui sesuatu yang masih berupa kemungkinan, maka Dia perlu belajar untuk menjadikan kemungkinan itu sebagai pengetahuan yang pasti bagi-Nya. Ini adalah satu kekonyolan dan berkontradiksi dengan istilah omniscience. Mengambil ilustrasi pengetahuan manusia yang dipenuhi berbagai macam kemungkinan dan menerapkannya kepada Allah ADALAH SATU KEBODOHAN! Lagipula, filsuf bodoh ini tak bisa memahami bahwa karena Allah mahatahu, maka Dia tahu secara sempurna perihal (ke-saya-an atau ke-aku-an) filsuf bodoh itu tanpa harus menjadi dirinya filsuf bodoh itu. Bahkan Allah lebih tahu ke-saya-an Patrick Grime atau ke-saya-an John Peri ketimbang kedua orang bodoh itu tahu tentang diri mereka. Pokoknya, inilah contoh salah satu filsuf terbodoh di dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEGITIGA PARADOX : ANTARA PROVIDENSI, DOSA, DAN KEKUDUSAN ALLAH

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali PENDAHULUAN Apa yang ada di benak anda saat mendengar kata paradoks? Bagi saya memikirkan paradoks ini rasanya sama seperti kita sedang naik "Roaler Coaster". Suatu aktifitas berpikir yang memusingkan sehingga benar-benar memeras otak. Tapi sebelum mengulas lebih jauh, saya ingin memastikan bahwa pembaca mengerti apa yang dimaksud dengan paradoks, karena istilah seperti ini tidak terbiasa lahir dari letupan-letupan percakapan ringan ala kedai tuak, sehingga tidak tertutup kemungkinan bahwa ada yang belum mengerti dengan istilah ini. 1. PARADOKS  Apa itu paradoks? Paradoks bisa didefinisikan sebagai dua pernyataan yang berlawanan tapi keduanya sama-sama benar. Atau paradoks juga bisa diartikan benar dan salah pada saat yang bersamaan. Padahal kita tahu bahwa secara logika sesuatu yang salah tidak bisa menjadi benar disaat yang sama. Berikut ini contoh pernyataan yang bersifat paradoks:  "DION YANG ORANG FLORES ITU BERKATA BAHW

50 TANYA-JAWAB SEPUTAR IMAN KRISTEN

1. Jika Yesus adalah Allah, mana pengakuan Yesus secara eksplisit bahwa Dia adalah Allah? JAWAB :  Iman Kristen tidak mendasarkan hanya pada pengakuan langsung dari mulut Yesus. Iman Kristen percaya kepada kesaksian seluruh kitab suci walaupun Yesus tidak pernah mengumumkan bahwa Dia adalah Allah tapi kitab suci memberitahukan dan mengafirmasi bahwa Yesus adalah Allah. Jika kepercayaan atas ke-Allahan Yesus harus menuntut pengakuan langsung dari Yesus, lalu mengapa harus tiba pada kesimpulan bahwa Yesus bukan Allah, sedangkan Yesus tidak pernah mengakui bahwa Dia bukan Allah. Kesaksian dari penulis Injil sudah cukup untuk mengafirmasi bahwa Yesus adalah Allah, karena mereka adalah orang-orang yang ada di sekeliling Yesus mereka adalah para saksi-saksi mata. Sedangkan orang yang menolak Yesus tidak pernah hidup sejaman dengan Yesus. 2. Apa bukti bahwa Yesus adalah Allah? JAWAB :  Bukti bahwa Yesus adalah Allah adalah, Yesus memilik sifat-sifat dan melakukan tindakan-tindakan

BENARKAH BAHWA YESUS BUKAN THEOS?

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali  Menurut DR. Erastus Sabdono, Yesus itu sebenarnya bukan Theos, kata Theos hanya merujuk kepada pribadi Allah Bapa, tidak pernah merujuk kepada pribadi Allah Anak/Yesus. Nah untuk meneguhkan pandangannya, beliau lalu mengutip 2 Kor 1:3 .  2 Korintus 1:3 (TB) Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, Sedangkan menurut beliau kata Yunani yang digunakan ketika merujuk pada Yesus adalah kata Kurios [Tuhan/Tuan] bukan Theos. Berdasarkan alasan yang dikemukakan diatas, maka Erastus Sabdono merasa bahwa Yesus seharusnya tidak sederajat dengan Bapa. Kata Theos ini diterjemahkan LAI sebagai Allah, maka implikasinya [bahayanya] adalah jika Yesus bukan Theos, maka Yesus juga bukan Allah. Lalu bagaimana kita menanggapi atau menjawab ajaran Erastus Sabdono ini? Sebenarnya kalau kita merujuk ke bahasa aslinya [Yunani] kita akan menemukan bahwa ada begitu banyak ayat Alkitab yang m