Langsung ke konten utama

LOGICAL FALLACY DALAM MENANGGAPI KRITIKAN SAYA TERHADAP KASUS MUHAMAD KACE DAN PGI

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman saya memposting berita tentang seorang yang bernama Muhammad Kace yang diduga menista agama tertentu, postingan itu dibagikan di WAG (WhatsApp Group), yang mana saya juga adalah anggota dari group tersebut.

Kebetulan, orang yang diduga menista agama ini, adalah mantan penganut agama mayoritas yang kemudian setelah hijrah ke Kristen, beliau aktif di kanal YouTube pribadinya, sambil menebarkan konten tentang perbandingan agama.  

Tentu saja isu yang dibahas adalah perbandingan agama dia yang sekarang dan agama lama nya. Namun dalam pembahasan atau kajian-kajian perbandingan agama di konten YouTubenya itu, orang ini kemudian dianggap menyinggung (menista) agama lamanya.

Videonya kemudian viral, dan menjadi buah bibir dikalangan netizen tanah air. Gelombang protes pun muncul, dan mendesak sih oknum murtadin ini untuk dikandangkan (ditangkap). Selang beberapa hari setelah desakan tersebut, polisi kemudian menangkap Muhammad Kace ini.

Teman saya ini kemudian merasa bahwa hukum di negeri ini kelihatan timpang dan berat sebelah, pasal-pasal penistaan agama seolah-olah dibuat hanya untuk menjerat umat minoritas, beliau lalu membandingkan dengan beberapa oknum ustad yang dianggap melakukan penistaan terhadap umat agama lain dalam ceramah mereka, yang walaupun berkas laporan atas dugaan penistaan ini telah diletakkan di atas meja polisi, namun oknum ustad tersebut tak kunjung ditangkap, bahkan cenderung tak bisa disentuh. 

Beliau juga mengkritisi PGI selaku lembaga Induk gereja, yang seharusnya bersuara dalam situasi seperti ini, malah diam seribu bahasa, dan terkesan takut. Padahal untuk kasus yang lain, PGI lantang bersuara.

Senada dengan beliau, saya juga merasa PGI seperti macan ompong, tak ada nyali, mirip orang impoten yang "anu" nya tak bisa ereksi, entah untuk apa lembaga yang satu ini ada, kalau untuk masalah-masalah seperti ini, lembaga ini bungkam.

Dalam percakapan di Group WhatsApp tersebut, saya dan teman saya berbalas mengirimkan pesan, yang isinya berupa kritikan kami terhadap PGI. Kemudian ada teman kami yang lain, yang juga adalah anggota group itu, menanggapi komentar saya. komentarnya seperti yang saya bold dibawah ini :

"Mungkin lebih baik Bang Dion saja yang jadi ketua PGI nya?"

Menurut saya, secara implisit komentar ini menganggap bahwa saya tidak punya kapasitas untuk mengkritik PGI, atau mungkin menganggap bahwa seandainya saya adalah ketua PGI, saya juga belum tentu punya kinerja yang lebih baik dari ketua PGI yang saya kritik sekarang.

Kritikan serupa seringkali saya temui dalam percakapan-percakapan di sosial media, maupun dalam percakapan-percakapan secara lisan sehari-hariseringkali ketika kita mengkritik seseorang, kita dianggap tidak pantas mengkritik, karena kita belum tentu bisa menjadi seperti orang yang kita kritik.

Misalnya saat seseorang mengkritik presiden, maka akan ada tanggapan yang membela presiden. Dengan mengatakan " Emang loe kira gampang jadi presiden? Coba loe aja yang jadi presiden!"

Tanggapan seperti ini sangat "ngawur". Mengkritik dan dikritik itu suatu fenomena sosial yang tidak bisa dihindari dalam suatu kebijakan, apalagi dalam negara yang demokratis seperti ini, kritikan telah menjadi semacam kontrol sosial terhadap kebijakan publik, kritikan bersifat memonitor para pemangku jabatan agar tidak menyimpang dalam membuat kebijakan, tujuannya tentu untuk kebaikan kita bersama.

Nah, coba mari kita lihat argument atau komentar teman saya diatas, apakah konsisten untuk diterapkan? misalkan ada 100 orang yang mengkritik presiden, lalu semua dituntut untuk jadi presiden semuanya.

Waduh, bagaimana ini? Ini baru 100 orang, bagaimana kalau se-Indonesia ini yang kritik Jokowi, apakah semua pengkritik ini harus menjadi presiden biar bisa merasakan apa yang Jokowi rasakan? Nah ini kan konyol.

Ada lagi argumen ngawur tentang kritikan yang juga sering saya temui di media sosial. Jika seseorang mengkritik seseorang, maka ada yang menanggapi, 

"Kalau mengkritik jangan hanya omong doang di FB atau di YouTube, kalau anda gentle (berani), coba samperin (temui) langsung orangnya saja"

Jadi misalnya, kalau saya mengkritik presiden Jokowi, maka menurut argumen tersebut, saya harus menemui Jokowi secara langsung, baru kritikan saya dianggap absah dan layak sebagai kritikan.

Ini konyol juga, bagaimana kalau se-Indonesia yang kritik Jokowi, apakah se-Indonesia ini harus menemui Jokowi secara langsung? Istana full nanti, tidak bisa menampung manusia, nanti manusia nya meluber keluar 

Kalau saya mengkritik teori evolusinya Charles Darwin, maka sesuai dengan argumentasi tersebut saya harus bertemu langsung dengan si Darwin. Nah masalahnya, bagaimana mau ketemu? Kalau si Darwin nya saja sudah "modar" guys, alias mati.

Lagipula, menjumpai langsung presiden bukan perkara yang mudah, kita harus melewati protokol yang ketat, baru bisa menjumpai langsung sang kepala negara. Dan itu bukan hal yang gampang untuk kita lakukan.

Jadi, jangan kita anti kritik, tapi mari kita berikan kritikan kita dengan motivasi hati yang benar, bukan untuk menjelekkan oknum ataupun lembaga tertentu. Maka pada akhirnya, semuanya kembali kepada hati, jika motivasi hati kita salah, apa yang kita lakukan salah, tapi jika motivasi hati kita benar, maka apa yang kita lakukan (termasuk memberi kritikan) benar.

Salam......

Penulis.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEGITIGA PARADOX : ANTARA PROVIDENSI, DOSA, DAN KEKUDUSAN ALLAH

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali PENDAHULUAN Apa yang ada di benak anda saat mendengar kata paradoks? Bagi saya memikirkan paradoks ini rasanya sama seperti kita sedang naik "Roaler Coaster". Suatu aktifitas berpikir yang memusingkan sehingga benar-benar memeras otak. Tapi sebelum mengulas lebih jauh, saya ingin memastikan bahwa pembaca mengerti apa yang dimaksud dengan paradoks, karena istilah seperti ini tidak terbiasa lahir dari letupan-letupan percakapan ringan ala kedai tuak, sehingga tidak tertutup kemungkinan bahwa ada yang belum mengerti dengan istilah ini. 1. PARADOKS  Apa itu paradoks? Paradoks bisa didefinisikan sebagai dua pernyataan yang berlawanan tapi keduanya sama-sama benar. Atau paradoks juga bisa diartikan benar dan salah pada saat yang bersamaan. Padahal kita tahu bahwa secara logika sesuatu yang salah tidak bisa menjadi benar disaat yang sama. Berikut ini contoh pernyataan yang bersifat paradoks:  "DION YANG ORANG FLORES ITU BERKATA BAHW

50 TANYA-JAWAB SEPUTAR IMAN KRISTEN

1. Jika Yesus adalah Allah, mana pengakuan Yesus secara eksplisit bahwa Dia adalah Allah? JAWAB :  Iman Kristen tidak mendasarkan hanya pada pengakuan langsung dari mulut Yesus. Iman Kristen percaya kepada kesaksian seluruh kitab suci walaupun Yesus tidak pernah mengumumkan bahwa Dia adalah Allah tapi kitab suci memberitahukan dan mengafirmasi bahwa Yesus adalah Allah. Jika kepercayaan atas ke-Allahan Yesus harus menuntut pengakuan langsung dari Yesus, lalu mengapa harus tiba pada kesimpulan bahwa Yesus bukan Allah, sedangkan Yesus tidak pernah mengakui bahwa Dia bukan Allah. Kesaksian dari penulis Injil sudah cukup untuk mengafirmasi bahwa Yesus adalah Allah, karena mereka adalah orang-orang yang ada di sekeliling Yesus mereka adalah para saksi-saksi mata. Sedangkan orang yang menolak Yesus tidak pernah hidup sejaman dengan Yesus. 2. Apa bukti bahwa Yesus adalah Allah? JAWAB :  Bukti bahwa Yesus adalah Allah adalah, Yesus memilik sifat-sifat dan melakukan tindakan-tindakan

BENARKAH BAHWA YESUS BUKAN THEOS?

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali  Menurut DR. Erastus Sabdono, Yesus itu sebenarnya bukan Theos, kata Theos hanya merujuk kepada pribadi Allah Bapa, tidak pernah merujuk kepada pribadi Allah Anak/Yesus. Nah untuk meneguhkan pandangannya, beliau lalu mengutip 2 Kor 1:3 .  2 Korintus 1:3 (TB) Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, Sedangkan menurut beliau kata Yunani yang digunakan ketika merujuk pada Yesus adalah kata Kurios [Tuhan/Tuan] bukan Theos. Berdasarkan alasan yang dikemukakan diatas, maka Erastus Sabdono merasa bahwa Yesus seharusnya tidak sederajat dengan Bapa. Kata Theos ini diterjemahkan LAI sebagai Allah, maka implikasinya [bahayanya] adalah jika Yesus bukan Theos, maka Yesus juga bukan Allah. Lalu bagaimana kita menanggapi atau menjawab ajaran Erastus Sabdono ini? Sebenarnya kalau kita merujuk ke bahasa aslinya [Yunani] kita akan menemukan bahwa ada begitu banyak ayat Alkitab yang m