Langsung ke konten utama

TUAN ATAU TUHAN? MENJAWAB POLEMIK KEILAHIAN YESUS DALAM LUKAS 2:11

Oleh : Dionisius Daniel


Beberapa hari yang lalu saya menonton sebuah video dari Channel YouTube yang bernama "Benteng Umat". Video ini menanggapi video tanggapan dari Pdt Esra, saat Pdt Esra menanggapi video dari Ust. Bernard Nababan. Jadi bisa dibilang video itu adalah video tanggapan terhadap tanggapan.

Saat menonton video itu, jiwa apologetic saya meronta, dan menurut saya argumen yang dipaparkan dalam video itu sangat lemah.

Sebuah video di YouTube menampilkan sang mualaf botol Bernard Nababan, seperti sedang berada dalam suatu ruang Tausyiah, dan sedang bersoal jawab dengan jema'ahnya, ia kemudian membantah ke-Tuhan-an Yesus dengan mengajukan dalil berikut ini :

1. Menurut Bernard Nababan, Yesus itu sebenarnya bukan Tuhan, melainkan dijadikan Tuhan oleh orang Kristen

2. Menurut Bernard Nababan, para murid langsung dari Yesus saat itu tidak pernah menyebut Yesus dengan sebutan Tuhan

Nah terhadap dua argumen Nababan di atas maka Pdt Esra Soru kemudian memberikan jawabannya. Klik di link ini :


Lalu terhadap video tanggapan dari Pdt Esra Soru di atas, maka sebuah Chanel YouTube bernama Benteng Umat kemudian memberikan tanggapan. Menurut pemilik Chanel ini, Lukas 2:11 yang dikutip oleh Pdt Esra Soru dalam menjawab serangan Nababan di atas, sebenarnya tidak mendukung posisi Pdt Esra. Karena kata Tuhan yang termaktub pada ayat itu diterjemahkan dari kata Yunani "Kurios" yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia lebih tepat diartikan sebagai Tuan bukan Tuhan. Klik di link ini :


Nah apakah benar demikian? Mari kita lihat versi TB dan versi Yunaninya!.

Lukas 2:11 (TB) Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. 

Κατά Λουκάν 2:11 (NEB) διοτι σημερον εγεννηθη εις εσας εν πολει Δαβιδ σωτηρ, οστις ειναι Χριστος Κυριος.

Jadi memang benar bahwa kata Tuhan di Lukas 2:11 ini diterjemahkan dari kata Κυριος, dan kata Kurios ini bisa diterjemahkan sebagai Tuan atau Master atau Lord dalam versi King James.

Tapi kata Kurios ini juga tidak hanya memiliki satu arti yang tunggal, melainkan artinya mengikuti konteksnya. Di ayat yang lain, yang jelas-jelas berbicara dan merujuk kepada Yesus sambil memperlihatkan keagungan dan supremasi-Nya sebagai Allah, kata Kurios disini harus diterjemahkan sebagai Tuhan dan bukan hanya sekedar Tuan. Ini ayatnya :

Filipi 2:10-11 (TB) supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, 
dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! 

Προς Φιλιππησίους 2:10-11 (NEB) δια να κλινη εις το ονομα του Ιησου παν γονυ επουρανιων και επιγειων και καταχθονιων,
και πασα γλωσσα να ομολογηση οτι ο Ιησους Χριστος ειναι Κυριος εις δοξαν Θεου Πατρος.

Nah coba dipikirkan! kalau Yesus hanya sekedar Tuan, apakah pantas bahwa segala yang ada di langit yang di atas bumi, dan yang di bawah bumi, harus mengakui Dia Tuan? Tentu tidak cocok bukan? Maka dalam hal ini Yesus memang tidak lain dan tidak bukan harus Tuhan!.

Sekarang kita kembali lagi ke Lukas 2:11 di atas, mari kita perhatikan konteksnya, baca beberapa ayat sebelum dan sesudahnya.

Ayat 10 berkata bahwa, "aku (Malaikat) memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk segala bangsa". Di ayat 13 dan 14 para Malaikat dan bala tentara sorga bersorak memuji Allah dan berkata "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."

Jika kata Kurios di atas dipaksakan hanya boleh diartikan sebagai Tuan, maka sangat tidak cocok dengan konteks dekatnya, dengan ayat 10, 13 dan 14 ini. Untuk apa Malaikat harus capek-capek turun ke bumi, bersorak-sorai, memuji Allah dsb toh pada akhirnya yang lahir itu hanya sekedar Tuan alias manusia biasa saja tanpa natur keilahian sama sekali?

Nah jadi sangat jelas bagi kita bahwa Yesus memang benar-benar Tuhan dan Allah yang telah berinkarnasi mengambil natur manusia.

Jadi tanggapan Pdt Esra Soru terhadap pengajaran Ust Bernard Nababan itu memang benar-benar membungkam sang Kristolog balon itu. Dan upaya dari Channel YouTube Muslim Benteng Umat ini untuk mengcounter balik merupakan usaha yang sia-sia belaka dan malah mengekspos kebodohan mereka.

SOLI DEO GLORYA...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APAKAH KARENA YESUS BERASAL DARI ALLAH, MAKA DIA BUKAN ALLAH? (MENANGGAPI SERANGAN UST. SUBANDI T SUKOCO)

Oleh : Dionisius Daniel Goli Sali   Beberapa hari yang lalu, seseorang mengirimi saya sebuah video dan meminta tanggapan saya atas video itu. Setelah saya lihat-lihat, ternyata ini adalah cuplikan video dari YouTube Ust. Subandi T Sukoco. Siapakah orang ini? Subandi atau yang lebih dikenal dengan Gus Mbetik ini, adalah seorang pendakwah yang sudah sering terlibat dalam diskusi-diskusi lintas agama. Nah dalam cuplikan video yang berdurasi 2 menit 42 detik ini, Subandi memberikan argumentasinya untuk menolak ke-Tuhanan dan ke-Allahan Yesus. Menurut Subandi karena Yesus datang dari Allah maka Yesus pasti bukan Allah. Cuplikan lengkapnya bisa ditonton disini👇 Setelah menonton videonya, saya menemukan bahwa penolakan Ust. Subandi T Sukoco terhadap ke-Allahan Yesus didasari atas dua fakta ini : PERTAMA, KARENA YESUS DATANG DARI ALLAH MAKA DIA BUKAN ALLAH   Yohanes 9:33 (TB) Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."  Menurut Ust. Subandi T Sukoco, karen

TANYA JAWAB IMAN KRISTEN   (1). 2 Korintus 5:21 berkata Dia yang tidak mengenal dosa, telah dibuat-Nya menjadi dosa. Jika Yesus adalah Allah yang tanpa dosa mengapa ayat ini berkata bahwa Yesus telah dibuat oleh Allah Bapa menjadi berdosa, jika demikian bagaimanakah Yesus bisa menebus manusia yang berdosa, kalau diri-Nya sendiri saja berdosa? JAWAB : Kalimat "telah dibuat menjadi dosa" itu artinya Yesus memang tidak berdosa, dan memang Dia harus tidak berdosa agar bisa memenuhi syarat sebagai penebus, sebab kalau Dia juga berdosa, maka Dia tidak layak menjadi penebus, malah Dia sendiri juga butuh ditebus.  Lalu apa artinya ayat ini? Ayat ini berarti Yesus yang secara inheren (pada diriNya sendiri) adalah tidak berdosa,"menjadi berdosa" karena dosa-dosa manusia ditimpakan kepadaNya. Jadi yang seharusnya dihukum karena dosa adalah kita sebagai manusia yang berdosa, tapi hukuman dosa kita ini ditimpakan kepada Yesus. Jadi Yesus "menjadi berdosa" disini karen

APAKAH KETETAPAN ALLAH SELALU SINKRON DENGAN KEPUTUSAN MANUSIA?

Shalom pembaca yang budiman. Kali ini saya membagikan diskusi singkat saya dengan seseorang di Facebook yang bernama Andi. Dan karena saya merasa bahwa topik diskusi ini cukup menarik, saya akhirnya memutuskan untuk mendokumentasikannya. Diskusi ini berawal dari status FB Pak Heno Soeroso (seorang teman FB) yang me-repost sebuah video akun fanpage Mazmur. Isi video tersebut berbicara tentang 3 macam keputusan Tuhan. Link videonya ada di sini  https://www.facebook.com/share/v/onD1Lhx6deEVjhWb/?mibextid=oFDknk . Dan berikut cuplikan diskusinya : Dionisius Daniel Goli Sali : Ini pandangan dari orang yang tidak mengerti providensi Allah. Andi : Saya juga termasuk orang yang tidak mengerti tentang providensi Allah. Barangkali anda bisa jelaskan? Dionisius Daniel Goli Sali : Baik. Secara singkat saja. Providensi Allah tidak pernah merampok kebebasan manusia dalam menentukan pilihan/membuat keputusan. Pada saat manusia membuat keputusan, keputusan itu lahir dari pertimbangan ma